Perbandingan [Part 1] : Memahami dan menentukan perbandingan dari dua besaran yang diketahui

 ****

Perbandingan

*Memahami dan menentukan perbandingan dari dua besaran yang diketahui*

Konsep perbandingan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam menentukan campuran material bangunan atau campuran adonan kue. Selain contoh tersebut, terdapat contoh yang lain yaitu perbandingan jumlah uang yang dimiliki seseorang terhadap orang yang lain. 

Contoh perbandingan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari antara adalah membandingkan sesuatu harus ada minimal dua buah objek. Sebagai contoh misalnya Ragil mengelilingi lapangan sekali putaran dan mampu menempuh waktu 2 menit 30 detik sedangkan Miko hanya mampu menempuh nya dalam waktu 2 menit 8 detik. Dari hal tersebut maka dapat diperoleh bahwa membandingkan kecepatan lari Ragil dan Miko yaitu Miko lebih cepat berlari dari Ragil atau Ragil lebih lambat berlari dari Miko

Secara umum, 

perbandingan atau rasio untuk membandingkan besaran suatu benda dengan benda lainnya. Besaran benda yang dimaksud bisa berupa panjang, kecepatan, massa, waktu, banyak benda dan sebagainya. 

Contoh :

Siswa di SMP A diminta untuk memilih membaca berita melalui media online atau media cetak. Dari 150 siswa, 100 siswa memilih media online dan 50 siswa memilih media cetak. 

Pertanyaannya sekarang adalah "Bagaimana caranya membandingkan pilihan siswa membaca melalui online atau media cetak?". 

Dari pertanyaan diatas dapat diberikan jawaban bahwa :

  • 1/3 dari siswa SMP A yang mengikuti survei memilih media cetak untuk membaca berita. 
  • Rasio atau perbandingan banyak siswa yang memilih media online terhadap media cetak adalah 2 : 1. 
  • Untuk 1 dari 3 siswa memilih media cetak. 
  • Banyak siswa yang memilih membaca online adalah 50 lebih banyak dari siswa yang membaca berita melalui media cetak. 
  • Banyak siswa yang membaca online dua kali lipat dari siswa yang membaca melalui media cetak. 
Perhatikan ilustrasi lain dari Menentukan perbandingan dua besaran :
Kebutuhan bu Nani akan terpenuhi untuk berangkat ke kantor, jika bu Nani membeli kemeja dan sepatu. Dimana, harga kemeja Rp50.000 dan harga sepatu adalah Rp100.000. Dengan demikian, jumlah harga kemeja dan sepatu adalah Rp150.000. Sehingga, "Bagaimanakah cara menyatakan perbandingan dari kondisi tersebut?". Dari pernyatan kondisi tersebut dapat dinyatakan dengan beberapa cara yaitu:
  • a) Perbandingan harga kemeja dengan harga keseluruhan adalah 50.000 : 150.000 = 1 : 3. 
  • b) Perbandingan harga sepatu dengan harga keseluruhan adalah 100.000 : 150.000 = 2 : 3. 
  • c) Perbandingan harga kemeja dengan harga sepatu adalah 50.000 : 100.000 = 1 : 2.
Catatan : Pada ketiga pernyataan diatas yaitu a, b, dan c didasarkan pada hasil bagi dari suatu perbandingan yang diketahui. 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa : 
"Perbandingan dua besaran misalnya adalah a dan b yang memiliki satuan sama (sejenis) dapat dinyatakan dengan a : b atau a/b".

Contoh : 

1. Perbandingan permen Ani, Beni, dan Cika adalah 5 : 3 : 2. Jika jumlah permen Ani dan Beni adalah 64, jumlah permen ketiganya adalah ... 

Penyelesaian : 

Diketahui : 
  • Perbandingan permen Ani, Beni, dan Cika adalah 5 : 3 : 2
  • Misalkan permen Ani (A) = 5x, permen Beni (B) = 3x, dan permen Cika (C) = 2x
  • Jumlah A + B = 64
maka, 
>> A + B    = 64
>> 5x + 3x = 64
>> 8x         = 64
>> x           = 8

sehingga, jumlah permen ketiganya adalah 
>> = A + B + C 
>> = 5x + 3x + 2x
>> = 10x
>> = 10(8)
>> = 80. 

Jadi, jumlah ketiga permen mereka adalah 80

2. Panjang Pita Rani adalah 40 cm, sedangkan panjang pita Nia adalah 60 cm. Tentukan perbandingan : 
a) panjang pita Rani terhadap panjang pita Nia 
b) panjang pita Nia terhadap panjang pita Rani

Penyelesaian : 

a) Perbandingan panjang pita Rani terhadap panjang pita Nia adalah 40 : 60 = 2 : 3

b) Perbandingan panjang pita Rani terhadap panjang pita Nia adalah 60 : 40 = 3 : 2

 3. Jarak rumah Tati dari sekolah sekitar 500 meter. Jarak rumah Boni dari sekolah sekitar 1,5 km. Sehingga perbandingan dari pernyataan tersebut adalah : 

Catatan : Seperti yang terlihat pada kondisi jarak yang diketahui memiliki satuan yang berbeda. Sebelum dilanjutkan, satuan tersebut disamakan terlebih dahulu yaitu diubah kedua satuan tersebut menjadi meter. Maka, 1,5 km menjadi 1500 meter.

Penyelesaian :

  • a) Perbandingan jarak rumah Tati terhadap jarak rumah Boni dari sekolah adalah 500 :  1.500 = 1 : 3 atau 1/3.
  • b) Perbandingan jarak rumah Boni terhadap jarak rumah Tati dari sekolah adalah 1.500 : 500 = 3 : 1 atau 3/1. Atau jarak rumah Boni dari sekolah adalah tiga kali jarak rumah Tati dari sekolah. 
4. Kelas VIID di SMP Mandala mengumpulkan data dari berbagai jenis film yang disukai oleh siswa kelas VII dan VIII. Seperti yang terlihat pada tabel dibawah ini. 


Lengkapi pernyataan berikut ini berdasarkan tabel di atas. 

a) Perbandingan banyak siswa kelas VII yang memilih film drama terhadap banyak siswa kelas VIII yang memilih drama adalah ...
Penyelesaian :
105 : 150 = 7 : 10. 

b) Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action adalah ... 
Penyelesaian : 
Diketahui : 
> Jumlah seluruh siswa adalah 180 + 240 = 420 siswa.
> Jumlah siswa (Kelas VII dan VIII) yang menyukai film action adalah 75 + 90 = 165 siswa.

maka, 

Jadi, Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action adalah 11/28. 

c) Perbandingan banyak siswa (Kelas VII dan VIII) yang memilih film drama terhadap banyak siswa (Kelas VII dan VIII) yang memilih film action adalah ... 
Penyelesaian : 
Jumlah siswa (Kelas VII dan VIII) yang menyukai film action adalah 75 + 90 = 165 siswa.
Jumlah siswa (Kelas VII dan VIII) yang menyukai film drama adalah 105 + 150 = 255 siswa. 

maka, 
>> 255 : 165 = 17 : 11 

****

Semoga artikel mengenai memahami dan menentukan perbandingan dari dua besaran yang diketahui bermanfaat dan dapat menambah ilmu kawan-kawan. Jangan lupa selalu berkunjung di blog mathematicsscience yah. 😊😊😊


Comments

Popular Posts