Soal dan Pembahasan Part IV | Persamaan Garis Lurus
****
Berikut ini soal dan pembahasan mengenai Persamaan Garis Lurus | SMP Kelas 8. Selamat menyimak..
1. Gradien garis dari 2y = 4x - 5 adalah ...
Pembahasan : perhatikan gambar di bawah ini
Jadi, gradien dari persamaan garis tersebut adalah m = 2.
2. Gradien garis yang melalui titik (-1, -1) dan (-3, -7) adalah ...
Pembahasan :
Diketahui :
x1 = -1 ⇔ y1 = -1
x2 = -3 ⇔ y2 = -7
maka,
3. Jika diketahui suatu persamaan garis lurus 3y = 6x - 8. Gradien persamaan garis tersebut adalah ...
Pembahasan : Perhatikan gambar di bawah ini.
Jadi, gradien persamaan garis tersebut adalah m = 2.4. Diketahui suatu garis yang melalui titik P(2, 3) dan Q(-1, 4), maka gradien garis dari persamaan garis tersebut adalah ...
Pembahasan : Perhatikan gambar di bawah ini.
5. Gradien suatu garis diketahui 3. Jika garis tersebut melalui titik A(2, a) dan B(3, 5). Maka nilai a pada titik A adalah ...
Pembahasan : Perhatikan gambar di bawah ini.
6. Diketahui suatu titik P(1, 4) dan Q(3, -5), maka persamaan garis lurus yang melalui titik tersebut adalah ...
Pembahasan : Perhatikan gambar di bawah ini.
7. Pasangan koordinat titik potong garis yang persamaannya x + y - 5 = 0 dengan sumbu-x dan sumbu-y berturut-turut adalah ...
Pembahasan :
maka,
* titik potong terhadap sumbu-x adalah
⇔ x + y - 5 = 0
⇔ x + y = 5
⇔ x + 0 = 5
⇔ x = 5.
* titik potong terhadap sumbu-y adalah
⇔ x + y - 5 = 0
⇔ x + y = 5
⇔ 0 + y = 5
⇔ y = 5
Jadi, titik potong yang diperoleh adalah (5, 0) dan (0, 5).
8. Gradien garis yang melalui persamaan garis lurus berikut 2x - y = 10 adalah ...
Pembahasan :
maka,
⇔ 2x - y = 10
⇔ -y = -2x - 10 (kedua ruas dikalikan negatif)
⇔ y = 2x + 10
Jadi, gradien garis yang diperoleh adalah m = 2.
9. Persamaan garis yang melalui titik A(0, 1) dan B(1, 2) adalah ...
Pembahasan :
Diketahui :
x1 = 0 ⇔ y1 = 1
x2 = 1 ⇔ y2 = 2
maka,
10. Gradien garis dari persamaan garis lurus 2x + y - 2 = 0 adalah ...
Pembahasan :
maka,
⇔ 2x + y - 2 = 0
⇔ y = -2x + 2
Jadi, gradien garis yang diperoleh adalah m = -2.
****
Comments
Post a Comment